Sabtu, 09 Agustus 2008

Maria, Si Mungil yang Jago Matematika

Namanya Maria Qibtiyah. Temen-temennya bisa memanggilnya dengan Maria. Orangnya rada serius, tapi juga bisa tersenyum manis.
Seperti kemarin (9/8/2008), ketika Warta Aulia menemuinya saat jam istirahat, si mungil pun menyunggingkan senyum manis.

Emang, Maria anaknya mungil. Tapi ya itu, kapasitas otaknya ternyata besar. "Dia itu anak cerdas. Saat masih duduk di kelas 9 MTs Al-Multazam, dia sudah bisa saya ajak berpikir matematika secara logis-formal. Padahal, dalam teori Jean Peaget, mestinya anak pada usia dia masih berada dalam tingkat perkembangan pre-operasi formal," kata pengajar matematika Mulyoto, S.Pd, M.Si.

Maksudnya, Maria sudah bisa diajak memanipulasi variabel dan simbol matematika yang bersifat umum, bukan lagi kasus-kasus kongkrit yang terbatas. "Bahkan dia juga punya kemampuan untuk menemukan caranya sendiri dalam menyelesaikan soal," katanya.

Melihat potensinya yang demikian, menurut Ustadz Mulyoto, Maria harus diberikan wadah khusus. Dalam pembelajaran, dia harus diberikan kesempatan melakukan penemuan-penemuan rumus, di samping guru menyajikan rumus yang sudah baku.

Selain itu, agar bakatnya terasah, dia harus sering diikutkan dalam kompetensi-kompetensi sain yang menantang jiwa kreativitasnya.

Selama di MTs, dia pernah ikut dalam olimpiade matematika tingkat nasional meski masih belum juara. Sedangkan di tingkat kabupaten, dia sudah berhasil menunjukkan kecerdasannya. Dalam UAN tahun 2008 baru-baru ini, Maria menunjukkan puncak prestasinya dengan meraih nilai 10 pada pelajaran matematika.

Ternyata, meski pintar, gadis ceria ini tidak sombong. Dia bahkan dengan rela hati akan menjawab sedetil-detilnya kalau ada teman-temannya yang menanyakan materi pelajaran yang sulit.

"Ya, ilmu itu, makin diamalkan, makin bertambah mantab, bukan makin berkurang," begitu kilahnya.

Betul juga, ya? (WA)

1 komentar:

theway mengatakan...

Maria/ria kemarin opini/artikel kamu masuk koran surya. Aku kagum banget sama kamu, memang kamu wanita yang rupawan,cerdas,and kind. Aku pengemar kamu yang makin Smart aja.Salamku ASRORI WILDA (asr.wild206@gmail.com)